5 Pelatih top Eropa Tanpa Bakat Sepak Bola

5 Pelatih top eropa tanpa Bakat Sepak Bola | Berita Bola

Di Eropa, banyak sekali ada pelatih-pelatih sepak bola yang hebat, tapi tahukah anda bahwa tidak sedikit diantara pelatih-pelatih top itu yang tidak memiliki bakat sebagai pemain sepak bola? Siapa saja mereka? Berikut kami ulas singkat.

1. Arsene Wenger

Siapa yang tak kenal dengan pelatih asal Prancis yang satu ini, ia bahkan sempat menjadi pelatih terbaik dunia, mempersembahkan berbagai gelar untuk Arsenal termasuk 3 gelar juara Liga Primer Inggris, 4 Juara piala FA, dan 4 FA Community Shield. Ia juga sempat berhasil mempersembahkan gelar juara Ligue One Prancis saat menangani AS Monaco, tapi sayang Arsene Wenger terbilang gagal menjalani karirnya sebagai pemain sepak bola, karena masa itu ia hanya bermain untuk klub-klub amatir di prancis.

2. Gerard Houllier

Siapa sangka, pelatih legendaris Liverpool yang terbilang berhasil membawa kesuksesan kepada The Reds di era tahun 2000an ini ternyata dulunya adalah seorang tenaga kerja pengajar di sebuah sekolah yang letaknya di Prancis. Namun sepertinya kecintaan kepada sepak bola tidak bisa lepas darinya, meski tidak pernah bermain sebagai pemain sepak bola, namun di usia 26 tahun ia langsung menjadi pelatih klub sepak bola, dan klub pertamanya adalah AC Le Touquet.

3. Arrigo Sacchi

Juara Serie A 1987-88, Supercoppa Italiana 1988, Piala eropa 1989 dan 1990, Piala Super Eropa 1989 dan 1990, Kemudian piala Intercontinental 1989 dan 1990 itulah gelar-gelar yang berhasil dipersembahkan oleh Arrigo Sacchi untuk AC milan ketika masih menangani klub tersebut, namun sayang ia sama sekali tak berpengalaman sebagai pemain bola, bahkan sebelum menjadi pelatih ia sempat menjadi penjual sepatu.

4. Andre Villas-Boas

Tak berpengalaman sebagai pemain sepak bola, hanya mengandalkan pengalaman sebagai asisten pelatih Jose Mourinho saja namun pria asal Portugal ini terbilang sukses menjalani karirnya bersama FC Porto. Ia berhasil membawa klub tersebut meraih 3 gelar juara di musim 2010/2011.

5. Jose Mourinho

Dan pelatih yang terakhir ini bisa dikatakan adalah pelatih yang paling sukses diantara empat pelatih diatas, 2 kali treble winner termasuk liga champions pernah dirasakan nya bersama dua klub yang berbeda. Mourinho memang pernah bermain sebagai pemain sepak bola, hanya saja karirnya kurang beruntung ia bermain di klub-klub amatir portugal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *