5 Daftar Pelatih Dengan Rekor Transfer Termahal di Dunia

Pelatih adalah sosok penting dalam sebuah tim, yang bertugas memanage pemain agar dapat bermain dengan skema permainan yang baik dan benar. Untuk membuat tim menjadi solid dibutuhkan jasa pelatih penuh pengalaman dan bertangan dingin dalam meracik strategi, serta mampu menjadi sosok panutan yang baik bagi para anak asuhannya.

Namun untuk bisa mendatangkan sosok pelatih hebat, dibutuhkan dana yang tidak sedikit, mengingat nilai transfer dan gaji mereka lumayan tinggi. Berbicara mengenai transfer pelatih, berikut kami sajikan 5 daftar pelatih termahal dalam sejarah sepakbola.

1. Andre Villas Boas, 15 Juta Euro (Dari Porto ke Chelsea)

Andre Villas Boas

Sukses membawa nama Porto melambung tinggi membuat manajemen Chelsea tertarik untuk mendapatkan jasanya. Andre Villas Boas akhirnya resmi menangani Chelsea pada tahun 2001 lalu, dengan nilai transfer sebesar 15 Juta Euro. Nilai transfer tersebut menjadikan pelatih yang akrab disapa AVB ini menjadi pelatih termahal di Dunia, yang sebelumnya ditempati oleh Jose Mourinho.

Meski di datangkan dengan harga yang mahal, namun AVB gagal menangani konflik pemain yang terjadi ditubuh The Blues, yang berimbas dengan performa buruk Klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut. Setelah menangani Chelsea selama satu musim lebih, Villas Boas akhirnya dipecat.

2. Jose Mourinho, 8 Juta Euro (Dari Inter Milan ke Real Madrid)

Jose Mourinho

Kesuksesan Mourinho mempersembahkan Treble Winner bagi Inter Milan di musim 2009-2010, menarik minat Real Madrid untuk merekrut eks pelatih Porto tersebut. Di tahun 2010, EL Real sukses mendatangkan The Special One dengan nilai transfer sebesar 8 Juta Euro. Meski kinerjanya di Real Madrid kurang maksimal, namun Mourinho sukses mempersembahkan tiga gelar bagi Los Galacticos.

3. Fabio Capello, 7,5 Juta Euro (Dari Juventus ke Real Madrid)

Fabio Capello

Fabio Capello di datangkan dari Juventus pada tahun 2006 lalu dengan nilai transfer 7,5 Juta Euro. Pelatih berkebangsaan Italia tersebut langsung membuktikan bahwa dirinya pantas dibayar mahal, dengan mempersembahkan gelar Juara La Liga di musim perdananya. Namun Capello hanya bertahan semusim di Santiago Bernanbeu, karena pihak klub kurang suka dengan taktik dan gaya bermain yang diterapkan oleh Capello.

4. Guus Hiddink, 6,8 Juta Euro (Dari Timnas Turki ke Anzhi Makhachkala)

guus hiddink

Tidak hanya jor-joran dalam pembelian pemain, klub kaya rusia Anzhi Makhachkala juga royal dalam mengeluarkan dana untuk pembelian seorang pelatih. Di tahun 2012 lalu, Anzhi Makhachkala mendatangkan pelatih bertangan dingin yakni Guus Hiddink dengan nilai transfer sebesar 6,8 Juta Euro. Kontribusi Hiddink terbilang cukup baik, dengan membawa Anzhi Makhachkala menempati posisi ketiga klasmen akhir Liga Rusia musim 2012-2013.

5. Brendan Rodgers, 6,5 Juta Euro (Dari Swansea ke Liverpool)

brendan rodgers

Sukses menangani Swansea City, membuat pihak The Reds Liverpool berminat untuk mendatangkannya guna mengembalikan peforma Liverpool yang sebelumnya angin-anginan. Brendan Rodgers resmi menangani Liverpool pada tahun 2012 lalu, dengan nilai transfer sebesar 6,5 Juta Euro. Meski gagal membawa Liverpool masuk ke Zona Liga Champions, namun setidaknya Brendan Rodgers sukses membuat The Reds kembali tampil konsisten pada paruh musim 2012-2013.

Itulah 5 daftar pelatih dengan rekor transfer termahal dalam sejarah sepakbola. Yang hingga saat ini masih ditempati Andre Villas Boas yang kini menangani Klub Tottenham Hotspur.

Incoming search terms:

  • transfer pelatih termahal di dunia andre villas boas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *