Fenerbahce Dikenai Sanksi oleh UEFA

fenerbache

Berita buruk kini menghampiri klub liga Turki yaitu Fenerbahce, dimana pihak UEFA telah memberikan skorsing kepada klub ‘Hitam Kuning’ itu lantaran terkaitnya mereka dalam kasus pengaturan skor di Liga Turki. Skorsing berupa tidak boleh tampil dalam 2 ajang eropa yaitu Liga Champions dan Liga Europa dalam kurun waktu 2 tahun lamanya, hukuman atau sanksi itu mereka dapatkan setelah banding yang diajukan pihak klub ditolak oleh UEFA. Klub asal turkei itu memang terlibat skandal pengaturan skor di liga domestik pada tahun 2008 lalu.

Dalam sebuah pernyataan resmi, CAS selaku pemegang jabatan tertinggi dalam kompetisi olahraga di eropa menyatakan bahwa Fenerbahce SC resmi mendapatkan sanksi untuk tidak bermain di 2 kompetisi antar klub eropa hingga 2 tahun kedepan. Dengan keputusan tersebut, berarti klub asal liga turkey itu harus puas karena hanya bisa bermain untuk kompetisi lokal seperti Liga Turky, dan Piala Lokal lainnya tanpa bisa mencicipi Liga Champions maupun Liga Europa.

Sebenarnya, di musim ini mereka tetap bisa bermain, namun ketika menghadapi wakil inggris yaitu Arsenal di babak playOff liga champions mereka malah kalah telak, dan tersingkir dari babak playoff, sedangkan arsenal lolos ke babak penyisihan Group. Alhasil di musim ini mereka pun tak akan mendapat jatah mencicipi liga champions lagi, dan harus bermain di liga lokal terhitung sejak musim 2014/2015 mendatang.

Skorsing seperti yang dialami Fenerbahce memang kerap terjadi jika salah satu klub Eropa melanggar peraturan yang ada seperti melakukan pengaturan skor di liga domestik baik dengan tujuan agar lolos ke liga champions atau dengan tujuan menjadi juara di liga domestik. Fenerbahce memang sempat mengajukan banding, namun sayang ditolak oleh CAS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *